Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VII SMPN 14 KENDARI

Day, WaOde Hamsinah (Unknown)
Nurlansi, Nurlansi (Unknown)
Saefuddin, Saefuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap keterampilan proses sains (KPS) IPA siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kendari. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimental dengan  Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design, terpilih kelas VIIE dengan 34 siswa belajar melalui model PBM sebagai kelas eksperimen; dan kelas VIIf dengan 35 siswa belajar melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (PIT) sebagai kelas kontrol. Data keterampilan proses sains diperoleh dari hasil observasi saat kegiatan pembelajaran. Data dianalisis dengan menggunakan jenis uji statistik independent sample t test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains siswakelas VII SMP Negeri 14 Kendari Keyword:        Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...