Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PENGARUH GAYA KOGNITIF, PENALARAN LOGIS, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA

Laming, Abdul Rasul (Unknown)
Hamid, Rimba (Unknown)
Rahman, Abraham (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif, kemampuan penalaran logis, dan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep IPA siswa.Sampel penelitian berjumlah 391 siswa SMP se-Kota Kendari yang ditentukan menggunakan teknik stratified random sampling berdasarkan level akreditasi tiap sekolah.Pengumpulan data dilakukan melalui tes gaya kognitif, tes kemampuan penalaran logis, tes pemahaman konsep IPA dan angket motivasi belajar.Analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) gaya kognitif memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep IPA siswa; 2) kemampuan penalaran logis memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep IPA siswa; 3) motivasi belajar memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman konsep IPA siswa; 4) gaya kognitif, kemampuan penalaran logis dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep IPA siswa dengan kontribusi sebesar 23%.  Kata Kunci: Gaya Kognitif, Kemampuan Penalaran Logis, Motivasi Belajar, Pemahaman Konsep IPA.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...