Jurnal Biofiskim: Pendidikan dan Pembelajaran IPA


PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Syam, Nurfaidah (Unknown)
Firihu, Muhammad Zamrun (Unknown)
Anas, Muhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar ranah kognitif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian  quasi  experimental  atau eksperimen semu dengan bentuk deskriptif kuantitatif yang menggunakan dua kelas untuk dijadikan obyek penelitian. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive random sampling berjumlah 52 peserta didik kelas X yang terdistribusi pada  dua kelas (XA = 27 peserta didik dan  kelas XB  = 25 peserta didik). Kelas XA mendapatkan pembelajaran menggunakan model Role Playing, sedangkan kelas XB diberikan pembelajaran model Konvensional. Keterampilan berpikir kritis (KBK) dan hasil belajar ranah kognitif (HBK) peserta didik pada materi suhu dan kalor diukur menggunakan tes pilihan ganda dan esai. Hasil analisis deskripsi menunjukkan bahwa penerapan model Role Playing pada pembelajaran materi suhu dan kalor dapat meningkatkan KBK dan HBK peserta didik pada kategori sedang. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai rata-rata KBK dan HBK antara hasil pembelajaran Role Playing dan pembelajaran Konvensional, dan terdapat pula perbedaan peningkatan (N-gain) KBK dan HBK antara hasil pembelajaran Role Playing dengan pembelajaran Konvensional.  Kata Kunci:  Model Pembelajaran Role Playing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil   Belajar Ranah Kognitif.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

Biofiskim

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Jurnal Biofiskim untuk Pendidikan dan Pembelajaran IPA (JBPPI) merupakan jurnal untuk peneliti, guru , dan pengembang kurikulum IPA pada semua level pendidikan IPA. JBPPI terbit dua kali setahun secara elektronik pada bulan april dan Oktober. Tulisan yang dapat dimuat pada jurnal ini meliputi: hasil ...