Berdasarkan permasalahan yang terdapat disekolah bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah karena masih banyak peserta didik yang nilainya berada dibawah KKM dan pada proses pembelajaran belum sepenuhnya menggunakan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri di Ciamis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan september 2018 sampai bulan juni 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experiment.Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cihaurbeuti sebanyak 6 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik sebanyak 2 kelas yang diambil dari populasi dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran guided inquiry dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran direct instruction. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda dengan lima option yang digunakan untuk mengukur pengaruh hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera. Hasil analisis data didapat dari skor gain kelas eksperimen dan skor gain kelas kontrol dengan α = 0,05 dan diperoleh harga thitung sebesar 2,12 dan ttabel sebesar 0,07. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran guided inquiry terhadap hasil belajar peserta didik pada materi sistem indera di kelas XI MIPA SMAN 1 Cihaurbeuti.
Copyrights © 2019