These proceedings represent the work of researchers participating in The International Conference on Elementary Education (ICEE) which is being hosted by the Elementary Education Study Programme School of Postgraduate Studies, Universitas Pendidikan
Vol. 4 No. 1 (2022): Proceedings The 4th International Conference on Elementary Education

A Microsoft Excel-Based Cultural Guessing Game on Cultural Knowledge of Elementary School Students. Is It Effective?

Rahayu, Galih Dani Septiyan (Unknown)
Maftuh, Bunyamin (Unknown)
Sapriya (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Mudahnya siswa SD mendapatkan informasi tentang budaya negara lain melalui gadget, dikhawatirkan akan mengikis pengetahuan siswa tentang budaya Indonesia. Pengetahuan tentang budaya Indonesia sangat penting bagi siswa sekolah dasar. Dengan pengetahuan yang mendalam tentang budaya Indonesia, siswa akan memiliki cara berpikir yang baik dalam melestarikan budaya dan memiliki sikap bangga terhadap budaya Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tebak budaya berbasis Microsoft excel terhadap pengetahuan siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimental design dengan one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di kota Cimahi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan budaya dan angket respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan siswa tentang budaya Indonesia meningkat dan siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa salah satunya dengan menggunakan permainan dapat meningkatkan pengetahuan budaya siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

icee

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Mathematics, Science and Social Education, Higher Level Thinking Skills Learning (HOTS), Information and Communication Technology (ICT) for Classroom Today, Society Era 5.0, Cooperative/Collaborative Learning, Multicultural Education and Inclusive Education, School Leadership and Management, ...