Penelitianà inià bertujuanà untukà (1)à menghasilkanà perangkatà pembelajaranà berupaà Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis keterampilan proses sains dalam model inkuiri terbimbing materiàà strukturàà danàà fungsiàà jaringanàà tumbuhanàà yangàà layakàà diterapkanàà sebagaiàà perangkat pembelajaranà tambahanàà berdasarkanà penilaianà validatorà (2)àà Menghasilkanàà LKPDà berbasis keterampilanà prosesà sainsà dalamà modelà inkuirià terbimbingà padaà materià strukturà danà fungsi jaringan tumbuhan yang dapat diterapkan sebagai perangkat pembelajaran tambahan berdasarkan tanggapan peserta didik Penelitian iniàà dilakukan di SMPN 3 Mataram dan SMPN 7 Mataram. Prosedur pengembangan perangkat mengikuti model pengembangan 4-D yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Tehnik pngumpulan data dilakukan meggunakan angket untuk penilaianà ahlià danà responà pesertaà didik.à Hasilààà penelitianà ahlià menunjukkanà Skorà penilaian terhadapà LKPDà sebesarà 81,48%à danà termasukà dalamà kriteriaà sangatà layak.à Ujià cobaà terbatas LKPDà padaà pesertaà didikà kelasà VIIIà menunjukkanà skorà 77,37%à danà termasukà dalamà kategori dapat diterapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021