Jurnal Smart PAUD
Vol 5, No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Inovasi Kurikulum Anak Usia Dini: Pekan Budaya Sebagai Penanaman Nilai Kearifan Lokal

Aisyah Nurul Hurriyah Sani (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Annis Sholikha Putri (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Sukiman Sukiman (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Inovasi kurikulum merupakan sebuah gagasan yang diharapkan dapat mengubah kurikulum. Pendidikan berbasis kearifan lokal merupakan model pendidikan yang menaruh perhatian besar pada pengembangan kecakapan hidup dengan memperkuat keterampikan lokal dan potensi daerah masing-masing. Dalam model pendidikan ini, materi pembelajaran harus memiliki makna dan relevansi dengan pemberdayaan sejati dalam kehidupan, sesuai dengan realitas yang mereka hadapi. Kurikulum yang akan dibuat sesuai kondisi lingkungan hidup, minat, dan kondisi psikologi peserta didik.  Pada penelitian ini telah dilakukan wawancara langsung kepada responden dari TK Masjid Syuhada dengan menggunakan metode deskriptif. Langkah ini mendeskripsikan setting social penanaman nilai kearifan lokal melalui kegiatan pekan budaya yang diselenggarakan di TK Masjid Syuhada Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai kearifan lokal dapat dilakukan sejak dini dalam proses berkala dan berkelanjutan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

smartpaud

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...