JIEB : Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis
Vol 8 No 1 (2022): JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS

ANALISIS KUALITAS LAYANAN GUNA MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL OTOMOTIF “YULI MOTOR” KABUPATEN TAPIN

Hamdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk analisis kualitas layanan guna meningkatkan kepuasan pelanggan pada bengkel otomotif “Yuli Motor”Kabupaten Tapin saat ini dan yang seharusnya. Metode dari penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu suatu bentuk penelitian yang berdasarkan data dikumpulkan selama penelitian secara sistematis mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat obyek yang diteliti dengan menggabungkan yang terlibat di dalamnya, kemudian diinterprestasikan berdasarkan teori-teori dan literatur yang berhubungan kualitas pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama ini yaitu dari sisi keandalan (Reliability), dari hasil TCR didapatkan bahwa : kecepatan pelayanan yang diberikan oleh karyawan menunjukkan 144 orang puas, Jaminan (Assurance), dari hasil TCR didapatkan bahwa : kemampuan karyawan dalam menjalankan tugasnya, kesopanan, keramahtamahan atau perilaku karyawan pada saat melayani pelanggan, penciptaan rasa aman pelanggan pada saat bertransaksi membayar dengan jumlah tertinggi berjumlah 122 dengan kategori puas, bukti fisik (Tangibles) dari hasil TCR didapatkan bahwa : sebanyak 22 orang merasa tidak puas dengan bukti fisik yang diberikan oleh Dulang Motor, Empati (Empathy) dari hasil TCR didapatkan bahwa : sebanyak 122 orang merasa puas dan terdapat 6 orang yang merasa tidak puas dan 1 orang merasa sangat tidak puas, daya tanggap (Responsiveness) dari hasil TCR didapatkan bahwa : sebanyak 28 orang pelanggan merasa tidak puas dan sebanyak 14 yang merasa sangat tidak puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Dulang Motor Kata Kunci: Kualitas Pelayanan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jieb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

JURNAL ILMIAH EKONOMI BISNIS (JIEB) merupakan jurnal ilmiah yang berisi kumpulan artikel ilmiah mengenai ilmu ekonomi dan bisnis dari berbagai akademisi maupun praktisi dari seluruh Indonesia. JIEB terdiri dari 150 halaman setiap terbitannya, dan terbit sebanyak 3 kali dalam 1 tahun, yaitu pada ...