ECIE JOURNAL
Vol. 3 No. 1 (2022): Early Childhood Islamic Education Journal (ECIE)

IMPLEMENTASI METODE TUTOR SEBAYA (PEER TEACHING) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ANAK SHOLEH FULL DAY SUMBERMANJING WETAN MALANG

Aries Musnandar (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Riska Hamdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2022

Abstract

  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar Al-Qur’an siswa sekolah dasar yang mulai banyak terjadi saat ini, padahal pada usia ini mereka memasuki masa peka dalam belajar. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi dalam metode pengajaran Al-Qur’an agar mudah dan menyenangkan siswa. Sekolah Dasar Anak Sholeh Full Day merupakan satu-satunya lembaga formal di kecamatan Sumbermanjing Wetan yang menerapkan metode tutor sebaya dalam pembelajaran Al-Qur’an sebagai bentuk usaha dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang metode tutor sebaya, implementasi metode tutor sebaya, kendala dan hambatan implementasi metoder tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan memakai bentuk study kasus (case study). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode tutor sebaya dalam pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Dasar Anak Sholeh Full Day ini berjalan cukup baik terbukti dengan para guru sebagai pengawas atau pengontrol telah menerapkan prosedur memilih tutor, mempersiapkan tutor, mengevaluasi dan melaksanakan tindak lanjut. Peneliti juga menemukan adanya motif semangat berprestasi, berafiliasi, dan memperkuat diri untuk bermanfaat bagi temannya. Kesimpulannya, metode tutor sebaya ini selain mampu meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an dan menumbuhkan karakter positif siswa juga bermanfaat bagi guru dalam menciptakan suasana pembelajaran Al-Qur’an yang lebih akrab dan menyenangkan.   Kata kunci: Tutor Sebaya, Motivasi Belajar, Pembelajaran Al-Quran  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ecie

Publisher

Subject

Education

Description

ECIE Journal menerbitkan berbagai artikel dan hasil penelitian yang berkonsentrasi pada bidang kajian pendidikan dan perkembangan anak usia baik secara umum maupun dalam perspektif keIslaman. Publikasi dalam ECIE journal berbentuk riset penelitian dan terapan serta studi ...