Economic Education and Entrepreneurship Journal
Vol 4, No 2 (2021): Economic Education and Entrepreneurship Journal (E3J)

Peningkatan Hasil Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19 Melalui Pemanfaatan Fitur Aplikasi Google Classroom pada Mata Pelajaran Penataan Produk untuk Peserta Didik Kelas XII BDP 1 di SMK Negeri 4 Bandar Lampung T.P 2020/2021

amelia vidyastuti (SMK Negeri 4 Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya dalam meningkatan hasil belajar daring mata pelajaran Penataan Produk melalui pemanfaatan fitur aplikasi Google Classroom. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SMK Negeri 4 Bandar Lampung dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas XII BDP 1. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Selanjutnya pada siklus kedua jenis kegiatan yang dilaksanakan  bersama guru mitra adalah memperbaiki rencana, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar  observasi, dan catatan lapangan yang digunakan untuk mengamati aktivitas peserta didik dan kinerja guru. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) proses pembelajaran dengan pemanfaatan fitur aplikasi Google Classroom dapat membuat peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, hal ini juga terlihat dari penilaian aktivitas peserta didik yang semakin meningkat dari siklus 1 hingga siklus 2, peserta didik yang aktif belajar pada akhir siklus 2 mencapai 82% untuk pencapaian klasikal sesuai dengan pembelajaran atau sekitar 27 orang peserta didik dengan aktivitas belajar mencapai 80%. (2) hasil belajar daring melalui pemanfaatan fitur aplikasi Google Classroom menunjukkan kemajuan yang berarti, secara keseluruhan peserta didik yang telah mencapai skor ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 23 orang atau sekitar 70% dari 33 orang. Dengan demikian pemanfaatan fitur aplikasi Google Classroom dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran Penataan Produk selama pembelajaran daringdi era pandemi Covid-19  untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kata kunci : Hasil belajar daring, Aplikasi Google Classroom, , Mata pelajaran Penataan Produk

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

E3J

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Economic Education and Entrepreneurship Journal atau Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan ISSN 2579-5902(p) adalah wadah informasi dan publikasi penelitian atau gagasan peneliti, dosen, guru, praktisi pendidikan, pengambil kebijakan, pemerhati pendidikan dan mahasiswa di bidang pendidikan, ...