Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2014)

DEVELOPING CHARACTER BASED LESSON PLANS FOR THE TENTH GRADE STUDENTS OF VOCATIONAL SCHOOL (SMK).

., I PUTU BAYOE MAHA PUTRA (Unknown)
., Prof. Dr. Putu Kerti Nitiasih, MA (Unknown)
., Dr. I Gede Budasi,M.Ed,Dip.App.Lin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2014

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Sugiyono. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah dan kebutuhan RPP yang digunakan di SMK Triatma Jaya Singaraja.mendesain dan mengembangkan RPP berbasis karakter serta mengukur efekivitas dan kualitas dari RPP yang dikembangkan di SMK Triatma Jaya Singaraja. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan RPP yang digunakan di SMK Triatma Jaya belum mencantumkan nilai karakter bangsa baik di kegiatan pembelajaran maupun pada penilaian RPP. Kegiatan pembelajaran cenderung monoton dan terjadi pengulangan materi. RPP yang dibuat berdasarkan Juknis Pengembangan RPP SMA yang disusun oleh Direktorat Pengembangan SMA dengan menambahkan penilaian karakter bangsa. RPP berbasis karakter dikembangkan dalam bentuk RPP yang terintegrasi. Hasil uji coba menunjukkan RPP yang dikembangkan efektif dan memiliki kualitas yang baik. Kata Kunci : rencana pelaksanaan pembelajaran, nilai-nilai karakter bangsa This study was a Research and Development study (R&D) used Sugiyono’s model which aimed at identifying problem and the needs of the lesson plans in SMK Triatma Jaya Singaraja, determining the suitable design and developing character based lesson plan in SMK Triatma Jaya, measuring the effectiveness and the quality of the lesson plan developed. The data of the present study were analyzed descriptively and quantitatively. This result showed that the existing lesson plans did not clearly state the values of nation character and the assessment and it was not explicitly stated on the learning activity. The learning activity seemed monotone. There seemed to be materials repetition. The materials must be suitable with the students’ department. The lesson plans developed were designed based on technical guideline of lesson plan development proposed by Board Directors of Senior High School Development (2010) with character assessment as an addition. The lesson plans were developed in form of integrated lesson plan. The lesson plans developed were effective and the quality is excellent.keyword : lesson plan, the values of nation character

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpbi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Pendidikan Bahasa Inggris. Pada akhirnya Jurnal ini dapat memberikan deskripsi tentang perkembangan ...