International Journal of Progressive Mathematics Education
Vol. 1 No. 4 (2021)

Bagaimanakah Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Saat Menyelesaikan Masalah Penjumlahan Dan Pengurangan Berdasarkan Kemampuan Matematis

Puspa, Rahma (Unknown)
Fitriyanto, Arief (Unknown)
Fathoni, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini Memberikan edukasi berupa teori kepada guru agar dapat mempersiapkan materi- materi dan teknik dalam pembelajaran siswa dan Mengklasifikasikan materi sesuai dengan tingkat respon otak dan kemampuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan menjelaskan/menafsirkan/menjelaskan dengan singkat pemecahan masalah siswa dengan topik penjumlahan dan pengurangan dengan gaya matematis historis untuk menggali kemampuan pemecahan masalah secara individu. Analisislah hasil dari 4.444 tanggapan kelompok sebagai ukuran kemampuan pemecahan masalah. Subyek penelitian yang saya pilih ini adalah mata pelajaran SDN kelas 1b Satria Jaya 03 TambunUtara untuk seluruh siswa yaitu tahun ajaran 2021/2022. jumlah siswa maksimal 2 Kemudian dikelompokkan berdasarkan kemampuan matematika. Pengelompokan berdasarkan nilai tertinggi dan terendah untuk tugas/ujian harian. Pengambilan data dilakukan pada 3 siswa berkemampuan matematika kelas 1 dan 3 Sekolah Dasar (SD) yang ditujukan untuk siswa SMA. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Seorang guru harus dapat menganalisa kondisi dan lingkungan kelas dengan tujuan untuk mengetahui kapasitas pemahaman atau daya tangkap setiap siswa Sekolah Dasar (SD). (2) Masalah utama dalam pembahasan ini adalah kemampuan berhitung siswa dari penjumlahan sampai dengan perkalian matematika kelas 1 SD. (3) Interaksi guru dan siswa menjadi salah satu point penting dalam menyelesaikan masalah tersebut, maksudnya seorang guru harus memberikan pembelajaran dan pengertian khusus pada siswa yang lebih lambat melakukan perhitungan dibandingkan dengan siswa yang memiliki daya tangkap

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijopme

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

nternational Journal of Progressive Mathematics Education E-ISSN:2775-8435, ISSN: 2776-2726, DOI Prefix 10.22236/ijopme is a peer-revieweopen-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a ...