Interference: Journal of Language, Literature, and Linguistics
Vol 3, No 1 (2022): INTERFERENCE

Task Based Learning dalam Pembelajaran Übersetzung in der Praxis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman

Misnah Mannahali (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2022

Abstract

Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Task Based Learning dalam pembelajaran Übersetzung in der Praxis. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen yang terdiri dari dua kelompok kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Metode Task Based Learning diterapkan pada kelompok eksperimen selama 7 kali pertemuan. Kemampuan siswa dalam menerjemahkan dengan menggunakan metode Task Based Learning ini diukur sebelum dan setelah penerapan proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran Task Based Learning efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerjemahkan teks bahasa Jerman ke dalam bahasa Indonesia dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 89,5 yang sebelumnya hanya 68,5. Kata Kunci: Task Based Learning, Terjemahan, Bahasa Jerman, Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

INTERFERENCE

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

INTERFERENCE focuses on the publication of research articles which conduct languages as the main object. This articles that contribute to the strengthening of critical approaches, increasing the quality of critique, or encouragement of innovative methodologies. Topics include: Language Learning and ...