Jurnal Eduscience (JES)
Vol 9, No 1 (2022): Jurnal Eduscience (JES)

IMPLEMENTASI BUDAYA LITERASI MELALUI OPTIMALISASI PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH DASAR

Muhammad Hasan (Universitas Negeri Makassar)
Nining Nurtrida (Universitas Negeri Makassar)
Nur Arisah (Universitas Negeri Makassar)
Nuraisyiah Nuraisyiah (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang pelaksanaan program minat baca dalam mengembangkan gerakan literasi siswa, dan mengetahui pengaruh minat baca siswa dengan program gerakan literasi yang dilaksanakan di SD Inpres Pandang-Pandang. Data yang diperoleh berasal dari wawancara dengan beberapa informan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan hasil bahwa (1) program minat baca siswa melalui pelaksanaan gerakan literasi di SD Inpres Pandang-Pandang telah diimplementasikan, namun belum optimal, dan (2) sebagai bentuk optimalisasi perpustakaan, sekolah masih berupaya untuk membuat kondisi perpustakaan yang nyaman.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduscience

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Eduscience is a peer-reviewed journal that is published by LPPM of Labuhanbatu University. This journal publishes biannually in June and December. This Journal publishes current original research on education studies using an interdisciplinary perspective, especially within Mathematic ...