Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 6, No. 3 (Juli 2022)

Peranan Model Pembelajaran Vygotski Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi

Imam Tabroni (STAI Dr. KH. EZ. Mutttaqien Purwakarta)
Dian Aswita (Universitas Serambi Mekkah, Aceh, Indonesia)
Alim Hardiansyah (Institut Sains dan Teknologi Al Kamal)
Normanita Normanita (STIQ Amuntai, Kalimantan Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Pandangan belajar terlahir dari berbagai pendapat para ahli salah satunya adalah teori belajar Vygotsky. Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk (a) menggunakan  berbagai  macam angka dan simbol-simbol  yang  terkait  dengan matematika  dasar  untuk  memecahkan  masalah  praktis dalam berbagai  macam konteks  kehidupan  sehari-hari  dan  (b)  menganalisis  informasi  yang  ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dan sebagainya) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan. Model Pembelajaran Literasi Numerasi dapat dikembangkan secara situasional dengan mempertimbangkan beberapa hal. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan menggunakan ragam teori pembelajaran sebagai data analisis yang kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan teknik content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teori Vygotsky dalam aktivitas pembelajaran meliputi : socio cultural learning, cognitive apprenticeship, zone of proximal depelovment, dan scaffolding. Dimensi pembelajaran yang ditawarkan oleh Vygotski meangakomodir ragam gaya belajar siswa sehingga juga menjadi solusi pembelajaran bagi anak dengan keterlambatan penyerapan pengetahuan di kelas. Penelitian ini berkontribusi terhadap teori-teori pembelajaran abad 21.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...