Integrated Science Education Journal
Vol 2 No 3 (2021): September

Analisis Problematika Pembelajaran Tematik Terhadap Karakter Rasa Ingin Tahu Peserta Didik di Sekolah Dasar

Siti Hadi (Unknown)
Nurul Delima Kiska (Universitas Jambi)
Shella Maryani (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis problematika yang ada dalam pembelajaran tematik yang terdiri dari ranah kognitif, afekti dan psikomotor. Metodologi: Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III, dan guru. Metode pengumpulan data pada penelitian ini ialah melalui observasi, wawancara dokumentasi dan angket terbuka. Metode observasi ini digunakan untuk dapat mengamati dan mengetahui secara langsung karakter rasa ingin tahu dan jujur peserta didik. Metode wawancara digunakan untuk mendapatan informasi yang dibutuhkan, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui profil sekolah, perangkat pembelajaran data peserta didik dan problematikan karakter yang timbul dalam pembelajaran tematik, Metode angket terbuka digunakan untuk mendapatkan informasi dari peserta didik yang penulis belum dapatkan dari hasil wawancara. Data pada penelitian ini dianalisis dengan urutan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi.. Temuan utama: Hasil dari penelitian dimana dengan pembelajaran tematik dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu peserta didik kelas rendah. Keterbaruan penelitian: Keterbaharuan penelitian ini terdapat pada analisis pembelajaran tematik pada terhadap karakter peserta didik di sekolah dasar. Karakter yang dilihat yaitu karakter rasa ingin tahu dan juga karakter jujur. Dimana dua karakter tersebut penting untuk ditingkatkan pada pedrts didik yang memberikan pengaruh pada kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ISEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Covers all the Integrated Science Education Journal (ISEJ) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new collaborations ...