Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4 No 2 (2019): El-idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Mansyur Mansyur (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2019

Abstract

Dalam sistem pendidikan modern, fungsi guru sebagai penyampai pesan-pesan pendidikan perlu dibantu dengan media pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Hal ini disebabkan karena pekerjaan guru adalah pekerjaan profesional yang membutuhkan kemampuan dan kewenangan. Kemampuan guru dalam menjalankan perannya sebagai pengajar, administrator dan pembina ilmu dapat dilihat dari sejauhmanakah guru dapat menguasai metodologi media pendidikan di sekolah untuk kepentingan anak didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam, untuk mengetahui berbagai jenis media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran serta ketepatan penggunaan media dengan materi pelajaran, serta hasil prestasi belajar siswa setelah adanya penggunaan media pembelajaran. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui proses pembelajaran di kelas. Beberapa faktor yang menghambat antara lain keterbatasan media yang serta kemampuan guru dalam menggunakan media. Oleh karena itu diajukan solusi untuk segera memprogramkan pengadaan media terutama media komputer/LCD dan mengadakan pelatihan guru-guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

el-idarah

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Other

Description

Jurnal Management Pendidikan islam (el-Idarah) menerbitkan naskah artikel 2 kali dalam setahun (Juni dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Pendidikan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Manajemen Pendidikan Islam, Sistem ...