Jurnal Vokasi
Vol 6, No 1 (2022): Jurnal Vokasi

PELATIHAN ASPEK MARKETING PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA OPAK DI DESA PALOH PUNTI LHOKSEUMAWE

Dwi Fitri (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh)
Murniati Murniati (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh)
Risna Dewi (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Gampong Paloh Punti merupakan desa yang terletak sekitar 2 km dari kampus kedua Unimal Bukit Indah, dan nyaris berbatas langsung dengan kampus.Walau kampung ini bukan merupakan desa lingkungan, tapi keberadaannya dirasakan cukup signifikan sehingga layak dijadikan Desa Binaan. Akses jalan menuju desa tidak memadai, tapi lahan pertanian tidak terlalu subur sehingga karena keterbatasan ilmu maka kebanyakan lahan hanya ditanami oleh tanaman ubi saja. Sebagian besar masyarakat masih hidup di bawah standar sejahtera walau sebagian berada di golongan menengah tapi keberadaan keluarga miskin merupakan pandangan biasa. Tingkat pendidikan masyarakat berada digolongan rendah karena rata-rata merupakan lulusan sekolah menengah pertama. Semua permasalahan yang dihadapi masyarakat desa bersumber dari dua hal penting yaitu keterbatasan skill dan faktor ekonomi. Desa ini memiliki beberapa industri rumah tangga Opak, sebuah cemilan tradisional yang berbahan baku ubi. Tapi sayang pengolahnnya dan pemasarannya masih sangat terbatas sehingga peningkatan kesejahtraan tidak terlalu memadai karena penjualan hanya cukup untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Hal ini terjadi karena kurangnya ilmu pengetahuan akan cara atau strategi penjualan yang meliputi, pengemasan, diversifikasi produk dan penjualan. Oleh karena itu perlu diberikan pelatihan singkat terkait peluang usaha yang memanfaatkan bahan baku sekitar dengan asumsi kemudahan dan penghematan ongkos produksi sehingga mampu meningkatkan kemampuan warga untuk memberdayakan diri secara ekonomi sekaligus mampu menambah wawasan keilmuan terkait. Pelatihan aspek marketing dipilih untuk program Pengabdian Desa Binaan karena dapat memberdayakan masyarakat dari segi ekonomi maupun kemampuan akan keilmuwan marketing terkait produk unggulan desa. Tujuan umum kegiatan ini adalah untuk meningkatkan perekonomian keluarga dan meliterasi masyarakat setempat dengan cara meningkatkan pengetahuan terkait penjualan meliputi diversifikasi produk, pengemasan sampai pada teknik pemasaran. Selama pelaksanaan kegiatan ini, anggota kelompok industri rumah tangga ini diarahkan untuk bisa berpartisipasi aktif, sehingga setelah kegiatan ini dilaksanakan mereka mempunyai pemahaman dan keterampilan tentang peningkatan penjulan. Ada tiga bentuk kegiatan utama yang akan dilakukan dalam kegiatan ini, yaitu: (1) penyuluhan tentangpentingnya memahami strategi penjualan dan aspek yang meliputinya, dan (2) demontrasi dan pelatihan praktik stratgei penjualn, (3) Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan. Beragam kemampuan yang dimiliki oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat Unimal serta adanya keinginan yang kuat dari mitra untuk memperbaiki taraf hidupnya, maka kegiatan ini diharapkan akan dapat memecahkan masalah yang dihadapi mitra, sehingga kehidupan mitra menjadi jauh lebih baik. Hasil yang diharapkan adalah masyarakat mampu memproduksi Opak dengan kualitas yang memadai serta mampu mengikuti trend pasar sehingga menarik untuk dijual dan memiliki nilai jual lebih baik dalam bentuk segar maupun olahan. Luaran yang direncanakan adalah artikel ilmiah, publikasi online, dan produk Opak terkoreksi lewat pelatihan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

vokasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil Penerapan IPTEKS dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan scope pengabdian bidang teknik dan sosial. ...