Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 2 (2022)

PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Riska Ashar Luthfia Erva (Sekolah Dasar Negeri Kendal Rongkop, Gunungkidul, Yogyakarta)
Ahniasari Rosianawati (Sekolah Dasar Negeri Pucanganom 1 Rongkop, Gunungkidul, Yogyakarta)
Pardimin Pardimin (Direktorat Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia)
Ana Fitrotun Nisa (Direktorat Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia)
Muhammad Irfan (Direktorat Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam materi kecepatan melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa kelas V di salah satu SD Negeri Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V di salah satu SD Negeri Kecamatan Rongkop Kabupaten Gunungkidul tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 16 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek penelitian adalah mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika materi kecepatan melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika materi kecepatan melalui pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika. Jumlah siswa yang tuntas dari 6 siswa atau sebesar 37,5%, menjadi 14 siswa atau sebesar 93,75%. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 79,94 menjadi 95,44. Hasil analisis angket siswa menunjukkan bahwa 14 siswa atau sebesar 87,5% sangat setuju dan 2 siswa atau 12,5% setuju dengan penggunaan modul pembelajaran matematika berbasis etnomatematika dalam pembelajaran.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...