Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 2 (2022)

ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Fitri Handayani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Sutama Sutama (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia)
Yulia Maftuhah Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran operasi hitung bilangan bulat di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VI SDN 1 Jambukidul, Ceper, Klaten. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, dan teori. Analisis data yang dilakukan melalui teknik analisis Milles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran operasi hitung bilangan bulat di masa pandemi COVID-19 yaitu (1) karakteristik materi yang abstrak membuat siswa kesulitan mencerna makna soal ke dalam bahasa matematika; (2) terbatasnya ruang gerak guru dalam mengontrol sikap belajar siswa; dna (3) rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa tentang operasi hitung bilangan bulat. Berkaitan dengan hal tersebut, maka peneliti memberi rekomendasi bahwa perlu adanya kajian lebih lanjut terkait pemilihan model/media pembelajaran inovatif yang dianggap efektif untuk materi operasi hitung bilangan bulat utamanya di masa pandemi COVID-19. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...