Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 12 No. 1 (2022): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

PENERAPAN LESSON STUDY BERBASIS PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA

Desak Nyoman Budiningsih (Universitas Mahasaraswati Denpasar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Pada perkuliahan Keanekaragaman Hewan I ditemukan permasalahan keaktifan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Keadaan ini dapat memengaruhi pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran, terutama sulitnya mengerjakan tugas dan menyelesaikan soal-soal ujian semester. Pelaksanaan lesson study bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa. Rancangan penelitian ini adalah lesson study berbasis Problem-based Learning (PBL). Subjek penelitian yaitu mahasiswa semester III yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dengan menggunakan rubrik keaktifan belajar. Analisis data terhadap hasil observasi dilakukan dengan menggunakan analisis isi pada kegiatan Plan, Do, dan See yang berlangsung dalam tiga siklus. Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar mahasiswa digunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase keaktifan belajar mahasiswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil lesson study menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar mahasiswa dari siklus I sampai siklus III. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan lesson study berbasis PBL dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa dan dapat menjadi sarana penerapan pembelajaran kreatif dan inovatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...