PEDAGOGIKA
Vol 13 No 1 (2022): APRIL

Prototype Aplikasi Identifikasi Karir Berbasis Android Berdasarkan Teori Holland sebagai Media Bimbingan dan Konseling Karir Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Maryam Rahim (Universitas Negeri Gorontalo)
Fathullah Fathullah (Universitas Negeri Gorontalo)
Salim Korompot (Universitas Negeri Gorontalo)
Mardia Bin Smith (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang tepatnya siswa sekolah menengah atas dalam menetapkan studi lanjutan di perguruan tinggi. Di sisi lain, diperoleh data bahwa media layanan bimbingan dan konseling karir yang dapat digunakan oleh guru masih sangat terbatas. Rumusan masalah adalah bagaimana aplikasi identifikasi karir berbasis android berdasarkan teori Holland sebagai media bimbingan dan konseling karir bagi siswa sekolah menengah atas? Penelitian ini bertujuan menghasilkan aplikasi identifikasi karir berbasis android berdasarkan teori Holland sebagai media bimbingan dan konseling karir bagi siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan Research & Development (R&D). Subyek penelitian terdiri dari 3 orang ahli untuk validasi ahli, yakni ahli bidang studi bimbingan dan konseling, ahli desain media, dan ahli program, serta 9 orang siswa sekolah menengah atas untuk uji kelompok kecil. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Penelitian ini telah menghasilkan produk berupa aplikasi berbasis android sebagai media layanan bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam mengidentifikasi karir. Hasil validasi dan ujicoba kelompok kecil menyimpulkan bahwa aplikasi ini telah layak digunakan sebagai media bimbingan dan konseling karir dalam membantu siswa mengidentifikasi karir. Aplikasi tersebut diberi nama “Jurusan Apa”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...