PEDAGOGIKA
Vol 13 No 1 (2022): APRIL

Pengembangan Video Tutorial Program SPSS Untuk Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistik

Merrisa Monoarfa (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Haling (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami penggunaan SPSS dengan menjelaskan bagaimana langkah-langkah penggunaan melalui pengembangan video tutorial penggunaan SPSS. Video dapat memberikan pesan yang dapat diterima lebih merata oleh siswa, video sangat bagus untuk menerangkan suatu proses, mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, lebih realistis dan dapat diulang atau dihentikan sesuai kebutuhan. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Sugiono menggunakan 10 langkah pengembangan media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan video tutorial ini dilaksanakan di Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar dengan subyek penelitian 2 orang pakar, dosen pengampu mata kuliah statisti dan mahasiswa yang memprogram mata kuliah statistik.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video tutorial SPSS telah memenuhi aspek kelayakan untuk digunakna dalam pembelajaran. Uji coba perorangan dan kelompok kecil, serta penilaian oleh dosen pengampuh mata kuliah dengan kulifikasi baik dan sangat baik, yang menujukkan bahwa video tutorial SPSS tersebut praktis dan mudah digunkan baik oleh mahasiswa maupun oleh guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...