JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 1 (2022): April 2022

Strategi Pembelajaran IPS di SD Kelas Awal Berbasis Learning Skill

Endah Parawangsa (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Novi Suci Dinarti (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Muh. Husen Arifin (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Yona Wahyuningsih (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2022

Abstract

Pendidikan merupakan suatu proses memanusiakan manusia yang dalam melaksanakan proses pendidikan memerlukan suatu strategi pembelajaran agar proses pendidikan tidak dilakukan secara sembarangan dan diharapkan mampu mencapai tujuan pendidikan. Strategi pembelajaran merupakan gabungan dari beberapa rangkaian kegiatan, bagaimana mengorganisasikan materi pelajaran, bahan, peralatan, dan waktu yang digunakan siswa untuk proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran yang telah ditentukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu studi kepustakaan yang dilakukan dengan mengumpulkan, membaca dan menganalisis sumber informasi yang ada untuk dijadikan sumber referensi dalam penulisan artikel. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan untuk melaksanakan pembelajaran IPS di kelas awal sekolah dasar yang terintegrasi dengan mata pelajaran lain adalah dengan menerapkan keterampilan belajar yang meliputi empat keterampilan yaitu berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi dan komunikasi. .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...