Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro
Vol 10, No 1 (2022)

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Topik Gelombang Bunyi dan Cahaya

Tomy Suganda (Universitas Negeri Malang)
Parno Parno (Universitas Negeri Malang)
Sunaryono Sunaryono (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki siswa diabad-21. Adanya gambaran kemampuan siswa berpikir kritis dapat menjadi rujukan sebagai dasar pengembangan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mengambarkan suatu fenomena kemampuan berpikir kritis siswa yang dilakukan tanpa manipulasi. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 88 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Putussibau tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan berupa 5 soal kemampuan berpikir kritis yang telah valid dan reliabel. Pengerjaan soal dilkukan melalui platform online karena pengambilan data masih dalam pandemi Covid-19. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada topik gelombang masih rendah dengan presentase benar dibawah 50%. kemampuan berpikir kritis rata-rata yang tertinggi adalah pada aspek membangun keterampilan dasarĀ  yang terendah adalah pada aspek memberikan penjelasan sederhana. Perlu adanya upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya melalui penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...