Kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki siswa diabad-21. Adanya gambaran kemampuan siswa berpikir kritis dapat menjadi rujukan sebagai dasar pengembangan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mengambarkan suatu fenomena kemampuan berpikir kritis siswa yang dilakukan tanpa manipulasi. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 88 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Putussibau tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan berupa 5 soal kemampuan berpikir kritis yang telah valid dan reliabel. Pengerjaan soal dilkukan melalui platform online karena pengambilan data masih dalam pandemi Covid-19. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada topik gelombang masih rendah dengan presentase benar dibawah 50%. kemampuan berpikir kritis rata-rata yang tertinggi adalah pada aspek membangun keterampilan dasarĀ yang terendah adalah pada aspek memberikan penjelasan sederhana. Perlu adanya upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa salah satunya melalui penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI).
Copyrights © 2022