JURNAL LENTERA
Vol 13, No 1 (2013): lentera vol.13,no.1 (2013)

Kontribusi Dayah Darul Iman dalam Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an di Blang Cot Tunong

MA, muhammad rizal ( LEMBAGA PUSAT PENGEMBANGAN STUDI ISLAM)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2014

Abstract

Penelitian ini berjudul Kontribusi Dayah Darul Iman Dalam Pemberantasan Buta Huruf Al-Qur’an di Blang Cot Tunong. Kemampuan membaca al-Qur’an adalah hal yang diwajibkan oleh syari’at Islam, namun selama ini kemampuan seseorang dalam membaca al-Qur’an sudah jarang diperdapatkan baik di kota maupun di desa, hal ini diakibatkan oleh seseorang yang sejak kecil masa kanak-kanak malas dalam belajar membaca al-Qur’an. Sehingga yang ada hanyalah kemampuan seseorang membaca al-Qur’an tanpa dilatar belakangi oleh ilmu tajwid. Proses belajar membaca al-Qur’an merupakan salah satu kurikulum yang diwajibkan di dayah-dayah. Hal ini tidak terlepas dari penelitian yang telah penulis lakukan di Dayah Darul Iman Blang Cot Tunong, bahwa salah satu materi yang wajib dikuasai oleh santrinya adalah mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi Dayah Darul Iman Blang Cot Tunong dalam pemberantasan buta huruf al-Qur’an. Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Dayah Darul Iman Blang Cot Tunong dalam pemberantasan buta huruf al-Qur’an. Untuk mengetahui solusi yang ditempuh oleh Dayah Darul Iman Blang Cot Tunong dalam mengatasi buta huruf al-Qur’an Maka dari itu, untuk mengetahui bagaimana kontribusi Dayah Darul Iman Blang Cot Tunong dalam pemberantasan buta huruf al-Qur’an, penulis menggunakan metode field research yang bersifat kualitatif, yaitu suatu penelitian yang mengklarifikasi mengenai fenomena atau kenyataan sosial dengan cara mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah dan unit yang akan diteliti. Sedangkan yang menjadi objek disini adalah populasi dalam suatu penelitian. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Pimpinan Dayah Darul Iman, Guru dan santri di Dayah Darul Iman Blang Cot Tunong. Temuan hasil penelitian yang telah penulis peroleh dari penelitian ini adalah pihak Dayah Darul Iman Blang Cot Tunong menekan angka kesulitan bagi santri dalam membaca al-Qur’an, guru mewajibkan semua santri agar mampu dalam membaca al-Qur’an. Wali santri banyak yang tidak  mengawasi anak-anaknya dalam mengevaluasi kemampuan membaca al-Qur’an. Maka solusi yang ditempuh adalah pihak Dayah Darul Iman Blang Cot Tunong mengajak orang tua santri untuk berperan aktif dalam membimbing anaknya untuk mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. Keyword : Kontribusi, Pemberantasan, Buta Huruf, Al-Qur’an

Copyrights © 2013