VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
Vol 13, No 1 (2022): APRIL

EVALUASI PROGRAM “KEMBARA” SEBAGAI UPAYA DASAR PENINGKATAN PROGRAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

Imam Mujahid (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Muhammad Nasiruddin (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Kartika Hudayana (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2022

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi program Kembara Bahasa Arab di Universitas Darussalam Gontor Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, 2) Problematika pembelajaran Bahasa Arab pada program Kembara Bahasa Arab terdiri dari beberapa faktor antara lain faktor peserta yang terdiri dari latar belakang pendidikan peserta, motivasi, kesulitan berbicara bahasa Arab dan kurangnya kosakata, 3) Evaluasi dan solusi dari problematika pada proses pembelajaran Bahasa Arab pada program Kembara Bahasa Arab yaitu untuk peserta dengan cara selalu mempraktikkan kosa kata yang telah dihafal dan menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan kelompok belajar bahasa Arab. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa program pembelajaran “Kembara” sudah cukup baik dan sesuai dengan indikator pembelajaran yang baik, meskipun ada beberapa problematika yang perlu diperhatikan dan dicarikan solusi agar program pembelajaran dapat lebih baik. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah dengan melakukan penelitian lain yang membahas mengenai evaluasi program pembelajaran lain. Kata Kunci: Evaluasi, pembelajaran, bahasa Arab, program kembara, mahasiswa ABSTRACTThe purpose of this study is to describe the evaluation of the Arabic Language Tour program at Darussalam University, Gontor Ponorogo. This study uses a qualitative approach using descriptive analysis method. The results showed that 1) The learning process consisted of preparation, implementation, and evaluation, 2) The problems of learning Arabic in the Arabic Language Tour program consisted of several factors, including participant factors consisting of participants' educational background, motivation, difficulty speaking Arabic. and lack of vocabulary, 3) Evaluation and solutions to problems in the Arabic learning process in the Arabic Language Tour program, namely for participants by always practicing memorized vocabulary and taking the time to take part in Arabic learning group activities. Therefore, it can be concluded that "Kembara" learning program is quite good and in accordance with good learning indicators, although there are some problems that need to be considered and solutions are found so that the learning program can be better. Suggestions for further researchers is to conduct other research that discusses the evaluation of other learning programs.Keywords: Evaluation, learning Arabic, Arabic, traveling programs, students

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

VOX

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah ...