JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 3 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin pada Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok

Hidayatullah, Romadhoni Shiddiqi (Unknown)
Ulya, Himmatul (Unknown)
Pratiwi, Ika Ari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis antara siswa laki-laki dan perempuan kelas V dalam menyelesaikan soal matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 1 Jebol Jepara dengan jumlah populasi sekaligus sebagai sampel yaitu 16 siswa. Vaiabel bebas dalam penelitian ini kemampuan berpikir kritis (X) dan variabel terikatnya (Y) adalah jenis kelamin siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah berupa tes uraian matematika materi volume bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survei. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa presentse data tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis tertinggi di kelas V SDN 1 Jebol dikuasai oleh siswa laki-laki. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki yaitu 61,77 sedangkan nilai rata-rata tes kemampuan berpikir kritis siswa perempuan yaitu 45,85. Serta hasil presentase nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa laki-laki juga lebih unggul yaiu 61,5%, sedangkan hasil presentase nilai tes kemampuan berpikir kritis siswa perempuan yaitu 38,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...