Idrak: Journal of Islamic Education
Vol. 3 No. 2 (2021): Idrak

Hadis Pendidikan: Metode Nabi SAW Mengoreksi Kesalahan Pengetahuan dan Pemahaman Peserta Didik

Imamul Authon Nur (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah, Medan)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Pengoreksian (al-Islâh) terhadap kesalahan termasuk dalam tujuan pendidikan yang diharapkan mengantar peserta didik tepat (Sâlih) dalam mendapatkan informasi dan pemahaman. Peserta didik bahkan tidak disarankan untuk hanya mengetahui kesalahan, tetapi juga mengetahui metode-metode dalam memperbaiki kesalahan itu. Tulisan ini berusaha mencari argumentasinya dari Hadis Rasulullah saw, yang secara nyata sebagai mu’allim telah memberi teladan yang beragam dalam mengoreksi kesalahan peserta didik dalam menerima pengetahuan ataupun pemahamannya. Ditelusuri melalui kitab-kitab hadis primer, penelitian kepustakaan (library research) ini menemukan beberapa metode yang dipraktikkan Rasulullah sesuai dengan kondisi dan keadaan peserta didik yang dihadapi. Temuan mengenai metode-metode ini dipandang tetap relevan untuk dikembangkan dalam dunia pendidikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

idrak

Publisher

Subject

Education

Description

Idrak: Journal of Islamic Education adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ar-Raudlatul Hasanah, Medan, sejak 01 Desember 2018. Jurnal ini mengkaji ilmu-ilmu yang terkait dengan Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren. Jurnal ini bertujuan sebagai media ...