Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat
Vol 2, No 2 (2022): PADMA

Mengembangkan Prilaku (Behavior) dan Pola Pikir (Mindset) Para Pelaku UMKM Cibodas Jasa Kota Tangerang Dalam Konteks Digital

Endang Sugiarti (Universitas Pamulang)
Fajar Yoga Pradana (Universitas Pamulang)
Erni Nila Sari (Universitas Pamulang)
Novan Nurviyaddin (Universitas Pamulang)
Sulastri Sulastri (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2022

Abstract

Pengabdian ini berjudul mengembangkan perilaku (behavior) dan pola pikir (mindset) para pelaku usaha mikro kecil menengah Cibodas Jasa Kota Tangerang dalam konteks digital. Tujuan umum dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis ilmu manajemen dalam pengembangan UMKM dalam konteks digital yang berdampak pada peningkatan pendapatan penjualan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode survey dan penyampaian materi secara langsung serta simulasi dan diskusi mengenai manajemen, pengelolaan keuangan, pemasaran produk dan penerapan MSDM dalam pengembangan UMKM Cibodah Jasa yang berdampak pada peningkatan pendapatan penjualan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat. Kesimpulan dari pengabdian kepada masyakat ini adalah bahwa akan dilakukan pendampingan dalam manajemen dalam mengembangan bisnis para pelaku UMKM dengan mengubah perilaku (behavior) dan pola pikir (mindset) dalam konteks digital sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan penjualan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat.Kata Kunci: Manajemen, Perilaku, Pola Pikir, UMKMĀ This event is entitled to develop the behavior and mindset of micro, small and medium business actors Cibodas Jasa Kota Tangerang in a digital context. The general purpose of this community service activity is to provide training and practical knowledge of management science in developing MSMEs in a digital context that has an impact on increasing sales revenue in order to meet community needs. The method used is a survey method and direct material delivery as well as simulations and discussions on management, financial management, product marketing and the application of HRM in the development of MSMEs in Cibodas Jasa which has an impact on increasing sales revenue in order to meet the needs of the community. The conclusion of this community service is that there will be assistance in management in developing the business of MSME actors by changing behavior and mindset in a digital context as an effort to increase sales revenue in order to meet the needs of the community. Keywords: Management, Behaviour, Paradigm, MSME

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPDM

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat diterbitkan oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang dan terbit setahun 4 kali yaitu Bulan Januari, April, Agustus, dan Desember. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat merupakan blind and peer-reviewed journal yang memuat ...