EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 8, No 1 (2022): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Pengaruh Penggunaan Pop-Up Book Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar IPA SDN 4 Banawa

Pahriadi Pahriadi (Program Studi PGSD FKIP, Universitas Tadulako Palu, Indonesia)
Surahman Surahman (Program Studi PGSD FKIP, Universitas Tadulako Palu, Indonesia)
Rizal Rizal (Program Studi PGSD FKIP, Universitas Tadulako Palu, Indonesia)
Sisriawan Lapasere (Program Studi PGSD FKIP, Universitas Tadulako Palu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di SDN 4 Banawa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental. Penelitian quasi experimental (eksperimen semu) bertujuan untuk mengetahui suatu gejala atau pengaruh yang timbul, sebagai akibat dari adanya perlakuan tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 4 Bawana. Sampel pada penelitian ini berjumlah 46 orang siswa, 26 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji hipotesis dan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis uji statistik tersebut yaitu uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 6,68 dan nilai pada ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ? ttabel atau 6,68 ? 1,68. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Begitupun pada hasil analisis statistik deskriptif motivasi belajar, setelah diuji hipotesis diperoleh nilai thitung = 4,52 dan nilai pada ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ? ttabel atau 4,52 ? 1,68. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2022