Attoriolong
Vol 20, No 1 (2022): Attoriolong Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah

Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay (CHR) pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI.A Madrasah Aliyah As’adiyah Ereng-ereng Kabupaten Bantaeng

Fitri Amriani (Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar)
Patahuddin Patahuddin (Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar)
M. Rasyid Ridha (Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menerapkan Model pembelajaran Course Review Horay (CHR), pada pembelajaran sejarah Kelas XI.A MA As’Adiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action, penelitian ini dilaksanakan dengan 4 langkah yakni: perencanaan (Planning), pelaksanaan (Action), pengamatan (Observation), refleksi (Reflection). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah As’Adiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng, dengan subjek penelitian 20 orang peserta didik pada kelas XI.A. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Data yang taerkumpul dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CHR), merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah peserta didik pada kelas XI.A Madrasah Aliyah As’Adiyah Ereng-Ereng Kabupaten Bantaeng. Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari data hasil angket penelitian dari siklus I ke siklus II, dimana persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar sejarah dari 73,85% menjadi 79,51% atau berada dalalm kategori tinggi, sehingga persentase peningkatan motivasi belajar 5,66%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas peserta didik yand dapat dilihat dari hasil observasi selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpukan bahwa motivasi belajar sejarah sejarah kelas XI.A Madrasah Aliyah As’Adiyah Ereng-Ereng, melalui penerapan model pembelajaran Course Review Horay (CHR) mengalami peningkatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Attoriolong

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Attoriolong diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Sejarah FIS UNM. Jurnal Attoriolong memuat tulisan yang terkait dengan Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Kesejarahan. dipublikasikan dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan ...