Abstrak - Kajian Pustaka tentang Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Video Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Perpustakaan Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2020. Sumber primer yang digunakan adalah artikel yang relevan dengan judul penelitian ini dan sumber sekunder berupa buku literatur yang berhubungan dengan penelitian. Instrumen penelitian berupa daftar check-list klasifikasi bahan penelitian. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi dan di analisis dengan metode analisis isi (Content Analysis). Berdasarkan review ada 6 artikel menggunakan penelitian eksperimen, 1 penelitian tindakan kelas dan 2 penelitian pengembangan yang menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dibanding tanpa menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan video berbasis kontekstual (baik itu menggunakan direct instruction, pembelajaran konvensional, tanpa media video yang dikembangkan maupun dengan cara pengumpulan data yang berbeda).   Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, video berbasis kontekstual
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022