Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)
Vol 7 No 2 (2019)

Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro Berbasis Pendekatan Saintifik Kelas XI Perbankan dan Keuangan Mikro SMK Negeri 1 Jombang

RAHAYU PERTIWI, DWI (Unknown)
, ROCHMAWATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Abstrak Penelitian pengembangan ini menghasilkan bahan ajar berupa buku ajar akuntansi perbankan dan keuangan mikro berbasis pendekatan saintifik dengan materi akuntansi tabungan, akuntansi giro, dan akuntansi deposito berjangka untuk peserta didik kelas XI Perbankan dan Keuangan Mikro SMK Negeri 1 Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pengembangan, kelayakan, dan respon peserta didik terhadap bahan ajar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, namun terbatas pada tahap develop. Bahan ajar divalidasi ahli materi, bahasa, dan grafis dengan menggunakan kriteria kelayakan dari BSNP. Hasil dari penilaian para ahli menunjukkan rerata kelayakan bahan ajar sebesar 93,08% dengan kategori “sangat layak”. Rerata persentase respon peserta didik sebesar 92,65% dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil rerata kelayakan bahan ajar, dapat disimpulkan bahwa buku ajar akuntansi perbankan dan keuangan mikro berbasis pendekatan saintifik sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro, Bahan Ajar, Buku Ajar, Pendekatan Saintifik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpak

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Pendidikan Akuntansi(JPAK) adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian dan pemikiran dalam bidang pendidikan akuntansi, ilmu akuntansi, keuangan dan perbankan. Jurnal Pendidikan Akuntansi menerima manuskrip penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, mixed method, Penelitian ...