Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol. 24 No. 1 (2022): FEBRUARY 2022

Finding a suitable model for measuring student engagement of high school students in an Indonesian language subject

Pratiwi, Ridha Rizki (Unknown)
Prathama, Ahmad Gimmy (Unknown)
Yuanita, Rasni Adha (Unknown)
Lubis, Fitri Yustikasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat model fit serta nilai validitas dan reliabilitas dari alat ukur student engagement pada siswa SMA dalam mempelajari bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu siswa SMA di Bandung dan sekitarnya yang usia 15-18 tahun kelas X-XII yang mengambil mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling. Pada penelitian ini jumlah sampel yang digunakan pada uji validitas dan reliabilitas ini sejumlah 200 siswa SMA di Bandung dan sekitarnya.  Hasil dari penelitian ini yaitu, variabel student engagement yang digunakan pada siswa SMA di Bandung yaitu behavioral engagement, emotional engagement, behavioral disaffection, dan emotional disaffection memenuhi syarat analisis CFA yaitu modelnya FIT. Validitas dari student engagement sebanyak 24 item yang valid dengan reliabilitas masing-masing dimensi yaitu behavioral engagement  α=0.89, behavioral disaffection α=0.897, emotional engagement α=0.918, dan emotional disaffection α=0.927.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

psikologi

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Insight diterbitkan oleh Unit Publikasi Ilmiah & HaKI Universitas Mercu Buana Yogyakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan hasil penelitian antara staf pengajar, alumni, mahasiswa. Insight terbit dua kali setahun. ...