Menara Ilmu
Vol 16, No 1 (2022): VOL. XVI NO.1 APRIL 2022

Kepuasan Pasien Terhadap Teledentistry Pada Saat Pandemi Covid-19 (Scoping Review)

Satria Yandi (Unknown)
Leny Sang Surya (Unknown)
Widya Puspita Sari (Unknown)
Sania Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2022

Abstract

Pandemi COVID-19 menyebabkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut menjadi terhambat dikarenakan rongga mulut merupakan sumber potensial tinggi untuk penularan dan kerentanan terhadap COVID-19. Kontak langsung antara dokter gigi dan pasien dapat memungkinkan terjadinya penularan COVID-19, sehingga dibutuhkan alternatif lain dalam penatalaksanaan pasien. Teledentistry  merupakan salah satu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui konferensi video untuk menegakkan diagnosis dan merencakan perawatan jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap penggunaan teledentistry di masa pandemi COVID-19 menggunakan metode scoping review. Data artikel diperoleh melalui pencarian database PubMed, Science Direct, Google Scholar, dan Dimensions. Hasil review  artikel menyatakan penggunaan teledentistry dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Pasien tidak merasa kesulitan dalam penggunaan teknologi ini, menyukai konsultasi melalui video call serta tidak bermasalah dengan koneksi. Pasien juga dapat mengeskepresikan diri, hemat waktu, dan hemat biaya dalam menggunakan teledentistry.Kata Kunci : Teledentistry, Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan, COVID-19

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...