COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education)
Vol 5, No 2 (2022)

PEMBELAJARAN PEMAHAMAN MATEMATIKA PENGUKURAN BERAT PADA SISWA SD KELAS II DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Intan Rahma Dinar (Ikip Siliwangi)
Sylvia Rabbani (Ikip Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu,(1). Menelaah Skenario dan implementasi pembelajaran pemahaman matematika pengukuran berat siswa SD kelas 2 dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning, (2). Respon guru dan siswa SD kelas 2 terhadap pembelajaran pemahaman matematika pengukuran berat siswa SD kelas 2 dengan menggunakan Model Contextual Teaching and Learning, (3).Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa SD kelas 2 dalam menyelsaikan tugas-tugas pemahaman matematika pengukuran berat.Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan upaya yang dilakukan oleh guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran pengukuran berat dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning  (CTL). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), angket, interview (wawancara), dokumentasi.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MI kelas II-A di salah satu sekolah swasta di Bandung yang berjumlah 17 orang siswa laki-laki 8 orang siswa perempuan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran pemahaman matematika pengukuran berat menggunakan model contextual teaching and learning .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

collase

Publisher

Subject

Education

Description

Collase Journal publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in Primary Teacher Education study program of IKIP Siliwangion current science issues, namely: -Teacher of Primary School. -Observers and Researchers of Primary School. -Educational decisions maker on ...