Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 6, No 5 (2022)

Upaya Penguatan Nilai-Nilai Karakter Islam Moderat pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

Wilma Rahmah Hidayati (Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang)
Jhoni Warmansyah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar)
Zulhendri Zulhendri (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Batusangkar)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2022

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi menimbulkan kekhwatiran dalam pembentukan karakter anak usia dini yang lahir sebagai generasi “digital native”. Hal  tersebut menjadi tantangan para orang tua dan guru dalam membimbing kepribadian anak yang beradab. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan upaya yang dilakukan oleh lembaga TK Islam Assakinah dalam penguatan karakter Islam moderat di tengah ancaman kondisi intoleransi yang banyak berkembang di kalangan umat beragama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif naturalistik dengan wawancara bersama kepala sekolah, guru dan orang tua siswa selama proses pembelajaran serta dilengkapi dokumen pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai karakter yang mendukung penanaman moderasi beragama sejak dini dapat dilakukan dengan berbagai upaya seperti: penyeleksian awal (screening) calon guru, pemilihan bahan ajar, penanaman sikap moderat dalam pembelajaran, mengadakan parenting education. Berbagai upaya tersebut dapat mewujudkan generasi yang memiliki karakter islam moderat sejak dini dan membawa dampak positif saat anak berada pada tingkat pendidikan yang lebih lanjut

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...