Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video praktikum interaktif terhadap keterampilan laboratorium dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Tidore Kepulauan pada materi hidrokarbon. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 9 Tidore Kepulauan. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas Xb berjumlah 24 dengan teknik pengambilan sampel yaitu Simple Purposive. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini berupa lembar observasi keterampilan laboratorium untuk mengukur kemampuan laboratorium siswa dan soal essay sebanyak 12 item yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa.Teknik analisis data adalah teknik analisi statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan SPSS21. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini ialah: (1) Uji hipotesis diperoleh sig < 0,05 thitung > ttabel atau 22,683 > 1,71 maka penggunaan video praktikum interaktif berpengaruh terhadap keterampilan laboratorium siswa (2) Uji hipotesis diperoleh sigĀ <0,05 thitung>ttabel atau 43,479>1,71 maka penggunaan video praktikum interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022