Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia
Jurnal Ilmiah Indonesia

Pengembangan Modul Perbankan Dasar untuk Kelas X SMK dan Implementasinya Pada Pembelajaran Daring

Ekawarna Ekawarna (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Denny Denmar (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)
Letdiana Hutabarat (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Pandemi Covid 19 merupakan fenomena baru di dunia pendidikan yang menciptakan kebijakan dari pemerintah untuk menerapkan program Belajar dari Rumah (BDR). Kebijakan tersebut mendorong guru dalam mengembangkan suatu pembelajaran bagi peserta didik untuk belajar mandiri. Sehingga motivasi dan minat belajar peserta didik dapat terus berkembang. Selama penerapan pembelajaran daring, peserta didik mengalami kendala, yaitu: (1) rendahnya tingkat partisipasi peserta didik dalam belajar, (2) tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan guru maupun teman sebaya, dan (3) peserta didik mengalami kejenuhan dalam belajar secara daring. Dari sudut pandang peneliti selama pembelajaran daring adalah guru masih terpaku pada penggunaan Microsoft Word dan Microsoft Power Point dalam penyampaian materi. Hal ini perlu dikreasikan dengan memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia secara online sehingga menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan E-Modul dengan memanfaatkan media CANVA untuk mata pelajaran Perbankan Dasar di kelas X, (2) melakukan prosedur yang dianjurkan untuk menguji kelayakan E-Modul Perbankan Dasar, (3) mengidentifikasi dampak pengembangan E-Modul bagi peserta didik selama pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) model Borg dan Gall yang peneliti menyederhanakannya menjadi lima langkah tanpa mengurangi makna dari setiap langkah sebenarnya. Hasil penelitian: (1) Hasil uji validitas E-Modul dari ahli materi dan ahli media menyatakan E-Modul yang dikembangkan termasuk dalam layak untuk digunakan, (2) Hasil uji validitas untuk kemandirian belajar menyatakan E-Modul dapat digunakan untuk belajar mandiri selama pembelajaran daring, dan (3) berdasarkan hasil ujicoba penilaian angket motivasi dan minat belajar peserta didik menyatakan bahwa E-Modul dapat memotivasi dan menarik minat belajar peserta didik selama pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

syntax-literate

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia is a peer-reviewed scientific journal that publishes original research and critical studies in various fields of science, including education, social sciences, humanities, economics, and engineering. The journal aims to provide a platform for researchers, ...