JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 6, No 1 (2022)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SOFT SKILL MAHASISWA

Hasrat A Aimang (Universitas Muhammadiyah Luwuk)
Abd Kadim Masaong (Universitas Negeri Gorontalo)
Anshar Made (Universitas Negeri Gorontalo)
Ikhfan Haris (Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Haris Panai (Universitas Negeri Gorontalo)
Arwildayanto Arwildayanto (Universitas Negeri Gorontalo)
Novianty Djafri (Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2022

Abstract

Perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam menjadikan mahasiswa yang memiliki soft skill, pengembangn soft skill dapat dilakukan dalam berbagai kegiatan baik melalui integrasi ke dalam kurikulum dan kegiatan, kegiatan kemahasiswaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran soft skill mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Luwuk, dengan pendekatan penelitian menggunakan kualitatif diskriptif, melalui observasi, wawancara studi dokumentasi, data yang diperoleh disimpulkan. berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran soft skill mahasiswa sudah dilakukan namun masih dalam pelaksanaan pendekatan konfensional atau kesepakatan. Pengembangan soft skill mahasiswa dengan prioritas pengembangan agar mahasiswa mampu beradaptasi dengan lingkungan dilakukan dengan pendekatan model pembelajaran yang dapat mensinergikan antara hard skill dan soft skill.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...