Pengunaan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran matematika merupakan salah satu cara untuk menggambarkan materi matematika agar dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan PowerPoint pada materi relasi dan fungsi yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evalution). Penelitian dilakukan di UPT SMA Negeri 12 OKU Timur dan data diperoleh melalui wawancara, angket dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa media powerpoint yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan perolehan persentase kevalidan sebesar 91%, sangat praktis dengan perolehan persentase kepraktisan sebesar 80% dan memiliki efek potensial yang sangat baik terhadap hasil belajar dengan perolehan persentase sebesar 86%.
Copyrights © 2022