Abstrak: Literasi bioteknologi merupakan salah satu bagian dari literasi sains yang dapat diartikan sebagai pengetahuan dan kecakapan ilmiah dalam bidang bioteknologi. Literasi bioteknologi menjadi penting bagi siswa karena literasi bioteknologi mencakup kecakapan terhadap isu-isu yang terkait sains. Penilaian literasi yang dikhususkan pada materi bioteknologi masih sangat minim dikarenakan materi bioteknologi termasuk materi yang baru. Selain itu, penilaian mengenai literasi selama ini hanya literasi sains dan tidak terfokus pada literasi bioteknologi. Oleh karena itu, diadakannya penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan memetakan kemampuan literasi bioteknologi sehingga guru dapat merancang pembelajaran bioteknologi yang baik serta mampu menyesuaikan dan melakukan upaya perbaikan dalam merancang kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa dalam materi bioteknologi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes literasi bioteknologi yang telah disusun berdasarkan tujuh aspek literasi dan telah melalui proses validasi dan dinyatakan sah untuk digunakan. Subjek penelitian adalah siswa berusia 15-16 tahun yang telah mengikuti pembelajaran IPA pada materi bioteknologi pangan pada jenjang SMP kelas IX di semester genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi bioteknologi siswa SMP berada pada kategori cukup dengan capaian rata-rata sebesar 55,1. Literasi bioteknologi terendah yang dikuasai oleh siswa adalah pada aspek memahami dan menginterpretasikan statistik dasar, menginterpretasi kesalahan, dan memahami kebutuhan untuk analisis statistik dengan capaian rata-rata skor sebesar 1,48 dari skor maksimal 4,00.Abstract: Biotechnology literacy is one part of scientific literacy, defined as scientific knowledge and skills in biotechnology. Biotechnology literacy is an essential skill for students because it includes proficiency in the latest science-related issues. Assessment of specific literacy in biotechnology materials is still minimal because biotechnology materials are new materials. In addition, the literacy assessment so far has only been limited to scientific literacy and has not focused on biotechnology literacy. Therefore, this research aims to measure and map biotechnology literacy skills so that teachers can design suitable biotechnology lessons and adapt and make improvement efforts in designing learning activities that follow students' abilities in biotechnology material. The research instrument used was in the form of biotechnology literacy test questions compiled based on seven aspects of literacy and had gone through a validation process and were declared valid for use. The research subjects were students aged 15-16 years who had participated in science learning on food biotechnology material at the 9th-grade junior high school level in the even semester. The results showed that the biotechnology literacy ability of junior high school students was in enough category, with an average achievement of 55.1. The lowest biotechnology literacy mastered by students is understanding and interpreting basic statistics, analyzing errors, and understanding the need for statistical analysis with an average score of 1.48 out of a maximum score of 4.00.
Copyrights © 2022