Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 1, No 4 (2022)

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD Negeri 22 Jeppe'e dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Satriani DH (Unknown)
Muhammad Amran (Unknown)
Lu'mu Taris (UNM)
Muh. Syahrir Amin (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa kelas V Sd Negeri 22 Jeppe’e Kec.Tanete Riattang Barat Kab.Bone dalam mengerjakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kemampuan berpikir kritis melalui soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas V SD Negeri 22 Jeppe’e tergolong dalam kirteria sedang, berdasarkan analaisis olah data pengakategorian kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian tes dan wawancara yang diperoleh di antaranya: 1) Sebagaian besar subjek memiliki pengalaman belajar dalam mengerjakan soal atau permasalahan baik yang diperoleh melalui proses pembelajaran di kelas sehingga dapat memberikan kesempatan siswa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). 2) Nilai-nilai yang diperoleh siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) yaitu tinggi 13,51%, sedang 67,56% dan kurang 19,91 % dari keseluruhan sampel sebanyak 37 siswa. Nilai yang diperoleh hasil tes kemampuan berpikir kritis yaitu 70,33%, sehingga kemampuan berpikir krtisi siswa dikategrikan baik. dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS).Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pengalaman belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...