Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Komunikasi Guru Dalam Proses Persiapan Pembelajaran Online Kembali Offline

Darmawati Darmawati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
M. Fahli Zatrahadi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Istiqomah Istiqomah (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Rahmad Rahmad (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Miftahuddin Miftahuddin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Suhaimi Suhaimi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Pembelaaran online atau pembelajaran offline keduanya harus dapat dikuasai oleh guru melalui komunikasi yang efektif. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi tentang komunkasi guru dalam proses persiapan pembelajaran online kembali offline. Metode penelitian menggunakan strategi penelitian kepustakaan. Sebagai bahan kajian, objek inkuiri berbasis literatur. Buku, makalah tertulis, dan artikel jurnal yang berkaitan dengan masalah penelitian digunakan sebagai data. Pendekatan analisis isi digunakan sebagai teknik analisis untuk memecahkan tantangan studi. Analisis data dilakukan coding menggunakan softwere Nvivo. Hasil menemukan bahwa persiapan guru dalam melakukan pebelajaran online Kembali online sama seperti melakukan perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Antara pembelajaran online dan offline dibutuhkan komunikasi efektif yang harus dikuasai oleh guru agar tercapainya keberhasilan tujuan belajar siswa. Kata Kunci: komunikasi guru, pembelajaran online, pembelajaran offline

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...