Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2022

PENGARUH METODE SPEED READING TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SDN 145 PEKANBARU

Desti Yolanda Firman (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Otang Kurniaman (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Gustimal Witri (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)
Intan Kartika Sari (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh membaca pemahaman sebelum dan sesudah dengan menerapkan Metode Speed Reading. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen jenis desain One Grup Pretest-Postest Design, yaitu eksperimen yang dilakukan terhadap satu kelompok saja, tanpa ada pembanding. Penelitian ini dilakukan di SDN 145 Pekanbaru kelas V yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor tes hasil belajar sebelum perlakuan (pretest) sebesar 57,54 sedangkan rata-rata skor tes hasil belajar setelah perlakuan (posttest) sebesar 81,58 serta nilai rata-rata gain sebesar 0,61 yang merupakan interpretasi sedang, serta hasil uji hipotesis menggunkan uji-t dengan thitung = 13,89 dan ttabel =2,0374 maka disimpulkan thitung > ttabel , maka tolak H0 artinya signifikan. Ini berarti terdapat pengaruh keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 145 Pekanbaru antara sebelum (pretest) dan sesudah (postest) menerapkan Metode Speed Reading . Hal ini menunjukkan bahwa Metode Speed Reading berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN 145 Pekanbaru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...