Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 9, No 1 (2009): JASSI Anakku: Volume 9, Issue 1, 2009

Pengaruh Latihan Kesadaran Persepsi Visual terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Kasih Ibu dan SLB YJS III Kabupaten Bandung

Juhanaini, Juhanaini (Unknown)
Susilawati, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan kesadaran persepsi visual terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan Nonrandomized Posttest Control Group Design. Sedangkan analisis data dilakukan melalui statistic nonparametrik berupa uji U (Mann Whitney). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil U tes yaitu U = 10 dengan nilai ɳ1 = 7 dan ɳ2 = 7, sedangkan P = 0,036. Karena P = 0,036 a = 0,05 maka Ho ditolak dan Hi yang diajukan diterima. Kesimpulannya bahwa latihan kesadaran persepsi visual pada anak tunagrahita ringan secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan.Kata kunci: kesadaran visual, tunagrahita ringan, membaca permulaan

Copyrights © 2009






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...