Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 14, No 1 (2014): JASSI Anakku: Volume 14, Issue 1, 2014

Keterampilan Sosial Anak Tunagrahita Ringan di Sekolah Inklusif

Rosse, Rosse (Unknown)
Martasuta, M. Umardjani (Unknown)
Setiawan, Atang (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2016

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah keterampilan sosial anak tunagrahita (ATG) ringan di sekolah inklusif. Penelitian ini mcnggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ATG ringan sudah mampu melakukan keterampilan sosial dengan cukup baik. Hanya saja, keterampilan sosial yang dimiliki oleh anak sangat bergantung pada "mood". Adapun wpaya guru kelas dan GPK untuk meningkatkannya yaitu melalui permainan kelompok, kelompok belajar, serta memberikan kebebasan bagi anak untuk bermain dengan teman-temannya saat istirahat.Kata Kunci: keterampilan sosial, tunagrahita, inklusif

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...