Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 10, No 1 (2010): JASSI Anakku: Volume 10, Issue 1, 2010

Pengembangan Model Modifikasi Perilaku melalui 'Continuous Reinforcement' dan 'Partial Reinforcement' untuk Mengatasi Kebiasaan 'Buruk' Anak dalam Belajar

Yusuf, Munawir (Unknown)
Legoqo, Edy (Unknown)
Djatun, R. (Unknown)
Gunarhadi, Gunarhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model modifikasi perilaku bagi anak dengan kebiasaan buruk dalam belajar dengan menerapkan 'continuous reinforcement' dan 'partialreinforcement'. Hasinya diharapkan dapat mengubah kebiasaan buruk anak serta meningkatkan prestasi belajarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dalam tiga tahap. Pada tahap pertama (tahun 2004) dilakukan dengan menghimpun data base yang diperlukan dalam penelitian tahun ke II. Pada tahun ke dua difokuskan pada pengembangan produk penelitian berupa Buku Panduan Modifikasi Perilaku untuk Mengatasi Kebiasaan Buruk Anak dalam Belajar, sebagai bahan pelatihan guru dan orangtua. Pada tahun ketiga penelitian difokuskan pada implementasi Buku Panduan, dan hasilnya menunjukkan bahwa seluruh guru dan orangtua berpendapat bahwa biku panduan yang dikembangkan, sangat positif, sebagian besar menyatakan mudah digunakan dan berdampak signifikan pada perubahan perilaku positif maupun prestasi belajar pada anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut direkomendasikan bahwa buku panduan modifikasi perilaku yang dikembangkan dalam penelitian ini, dapat didesiminasikan di sekolah-sekolah lain, dengan memperhatikan latar belakang pendidikan orangtua.Kata kunci: Modifikasiperilaku, kebiasaan belajar, prestasi belajar

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...