Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus
Vol 20, No 1 (2020): JASSI Anakku: Volume 20, Issue 1, 2020

PENGGUNAAN MEDIA COMPACT DISK INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH BAGI SISWA TUNARUNGU

Aryanti, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2020

Abstract

Mengenal huruf hijaiyyah merupakan hal mendasar sebelum anak mampu membaca Alquran, tidak terkecuali bagi siswa tunarungu. Pengucapan huruf hijaiyyah yang sesuai dengan makharijul hurufnya merupakan masalah yang dihadapi siswa tunarungu. Hal ini diperburuk dengan belum adanya media yang menunjang. Permasalahannya bagaimana pengaruh media compact disk interaktif terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyyah, huruf syafatain/bilabial yaitu huruf ba ( ب), fa ( ف), mim ( م), dan wau ( و). Metode penelitiannya adalah eksperimen desain penelitian subjek tunggal desain A-B-A yaitu: A-1 (Baseline 1), B (Intervensi), A-2 (Baseline- 2). Berdasarkan hasil penelitian diketahui media compact disk interaktif meningkatkan kemampuan siswa tunarungu dalam mengenal huruf hijaiyyah. Hal itu dapat dilihat dari hasil mean level pada setiap sesi terjadi peningkatan. Dari mean level A-1 dengan hasil 34,25%, mean level intervensi dengan hasil 39,23%, dan mean level A-2 dengan hasil 44,86%. Disimpulkan media compact disk interaktif dapat digunakan untuk media pembelajaran mengenal huruf hijaiyyah pada siswa tunarungu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jassi

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JASSI Anakku promotes research in the broad field of special need education. science, and Engineering Education. with particular respect to Indonesia, but not limited to authorship or topical coverage within the region. Contributions are expected from senior researchers, project managers, research ...